memohon ampun

๐Ÿ“Œ Keutamaan Istighfar ๐Ÿ™

▶ Jangan pernah kita memiliki persepsi/pandangan bahwa orang yang baik, orang yang berilmu, bahkan seorang kiai sekalipun, seorang ustadz, seorang syeikh, seorang imam tidak ada kesalahan didalam dirinya (apalagi manusia sejenis kita-kita yaaa)--> Oleh karena itu Allah SWT mensyariatkan kepada kita semuanya tentang wajibnya beristighfar, sebagaimanapula wajibnya bertaubat kepada Allah SWT.

▶ Masih ingat kan kisah Adam & Iblis? Keduanya sama-sama ada di dalam syurga walaupun pada akhirnya mereka dikeluarkan oleh Allah dari syurga karena keduanya melakukan kesalahan.

๐Ÿ‘ด Simbah Adam salah karena lalai terhadap perintah Allah SWT

๐Ÿ‘น Iblis salah karena merasa lebih baik.

๐Ÿ‘ด Simbah Adam mengakui kesalahannya dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

๐Ÿ‘น Iiblis ia tidak mau mengakui kesalahannya, justru kemudian semakin angkuh, semakin sombong dan sombong.

✅ Nggak mau kan kita dibilang muridnya iblis ato sohibnya iblis. Maka dari itu ada ungkapan "Kesalahan yang paling besar dalam diri manusia adalah ketika dia tidak merasa berdosa, padahal kesalahan yang ia perbuat sudah banyak"

๐Ÿ†— Udah tahu kan kenapa kita harus memperbanyak istighfar?

⬇ Biar tambah yakin, ane tambahin lagi ni...

๐Ÿ“ข Istighfar itu punya beberapa keutamaan:

♨ Menghapus dosa
Sesungguhnya didalam hati kita ada cahaya, tetapi pendaran cahaya kita tidak sanggup untuk berpendar karena tertutup oleh dosa, maka supaya hati ini kembali kepada Allah SWT hati ini harus dibersihkan. Salah satu caranya adalah dengan beristighfar.

๐Ÿƒ Membangkitkan semangat beribadah
Imam Ghozhali pernah berpesan begini: "Apabila tiba-tiba kita gelisah tanpa sebab, makan tidak enak, pening, tiba-tiba muncul kefuthuran, mau baca Al Quran berat, mau sholat malam juga berat, rasanya ingin melakukan kebajikan itu berat sekali. Itu semua tidak lain karena dosa itu sendiri". Oleh karena itu segeralah beristighfar kepada Allah SWT agar titik-titik hitam itu segera dihapus oleh Allah SWT.

๐Ÿšช Menjadi jalan hilangnya kesulitan/kesempitan dan pintu masuk datangnya rejeki
"Barang siapa yang membiasakan dirinya membaca istighfar, Allah akan melepaskannya daripada segala macam kesempitan dan terlepas daripada setiap kesusahan dan Allah memberi rezeki kepadanya dengan tidak disangka-sangka." (HR Imam Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah)

๐Ÿ’ช Bertambahnya kekuatan & tegaknya kejayaan
"Dan (Hud berkata), wahai kaumku! Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu lalu bertaubatlah kepada-Nya, niscaya dia akan menurunkan hujan yang sangat deras, Allah akan menambah kekuatan diatas kekuatanmu dan janganlah kamu berpaling menjadi orang yang berdosa"(QS.Hud:52).


๐Ÿš€ Nah, biar istighfar ente diterima, ada rukun-rukun nich..:
☝Mengakui dosa itu dengan cara memperbaiki diri [jadi nggak cuma ngaku secara lisan ajah]
✌ Punya tekad (azzam) dengan penuh penyesalan untuk tidak akan mengulanginya lagi
๐Ÿ‘Œ Melepaskan diri dari sarana/komunitas yang menjadinya melakukan dosa (kesalahan)

๐ŸŒ… Gitu dulu ya shob... Sampai ketemu di surga.....

#Terinspirasi dari materi Kajian Rutin Pagi Hari 30 April 2015 yg disampaikan ust. Sholihun @ Masjid Mardliyyah UGM.
by:brian

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan