6 Cara Ini Bantu Riset Pasar Startup Lebih Baik

By : http://indigo.id/blog/detail/6-cara-ini-bantu-riset-pasar-startup-lebih-baik.html

Salah satu hal penting yang harus Anda lakukan sebelum memulai sebuah bisnis adalah melakukan riset pasar. Riset pasar ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan calon pelanggan Anda. Selain itu dengan melakukan riset pasar, Anda juga dapat mengetahui bagaimana respon calon pelanggan Anda terhadap produk atau jasa yang akan Anda keluarkan.

Jika Anda masih bingung bagaimana sebaiknya Anda melakukan riset pasar, berikut 6 cara yang mungkin dapat Anda pelajari.


1. Lakukan Uji Coba Mendasar Pada Ide Bisnis Anda

Jika Anda telah memiliki ide bisnis dan yakin terhadap ide tersebut, ada baiknya Anda melakukan riset kecil terlebih dahulu terhadap ide Anda. Anda bisa saja melakukan presentasi sederhana kepada teman-teman terdekat, atau bisa juga Anda memanfaatkan relasi dari teman Anda.

2. Tentukan Pelanggan yang Tepat

Anda harus mengetahui secara jelas siapa target audience bisnis Anda. Hal ini sangat berpengaruh pada proses produksi dan pemasaran produk Anda nantinya. Anda harus mengetahui apa yang pelanggan butuhkan dan sukai, jangan sampai Anda membuat produk di luar kebutuhan mereka.

3. Tentukan Harga yang Sesuai

Permasalahan harga juga merupakan elemen penting pada saat proses pemasaran produk. Anda harus mencari tahu lebih dalam tingkat kemampuan pelanggan untuk membeli produk Anda. Produk yang terlalu mahal tentu membuat pelanggan sulit untuk membelinya, tapi produk yang terlalu murah juga dapat membuat pelanggan meragukan keunggulan produk tersebut. Karenanya pada riset awal, cantumkan kira-kira dikisaran berapa pelanggan bersedia untuk membayar.

4. Cari Tahu Siapa Kompetitor Anda

Sebelum menyusun ide bisnis, ada baiknya Anda sudah mengetahui siapa pesaing bisnis Anda. Anda juga perlu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pesaing Anda, berapa harga yang mereka tawarkan, seperti apa produk yang mereka jual, bagaimana mereka bisa bertahan di pasar dan lain sebagainya. Dari hal itu, Anda bisa mempelajari dan mengetahui bagaimana bisnis Anda akan dibentuk nantinya, dan pastikan Anda memiliki cukup ruang di pasar.

5. Cermati Pengaruh Eksternal 

Beberapa faktor eksternal bisnis seperti faktor politik, ekonomi, sosial dan sebagainya juga merupakan hal yang perlu Anda cermati. Hal-hal tersebut secara tidak langsung dapat berpengaruh cukup besar terhadap pertumbuhan bisnis Anda.

6. Lakukan Riset Online

Hal paling sederhana dan paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk riset adalah melalui sosial media. Dari situ Anda bisa memperoleh data seputar pesaing Anda, bagaimana respon khalayak terhadap produk Anda, apa yang sedang mereka butuhkan dan inginkan, siapa mitra kerja yang akan Anda sasar dan lain sebagainya.


Cara-cara simple di atas dapat Anda lakukan untuk membantu riset pasar bagi bisnis Anda. Ada banyak media saat ini yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset. Selamat mencoba!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan