hindari dan jauhkan

Racun - Racun Maksiat Yang Mematikan Hati Tanpa Kita Sadari

Di era globalisasi ini kita melihat berbagai macam kemaksiatan yang semakin marak terjadi di bumi Indonesia ini. Mulai dari pembunuhan, perzinaan dan yang lainnya. Dan tidak sedikit pula dari kaum muslimin yang mulai meninggalkan ibadah kepada Allah dan tenggelam dalam berbagai praktek kesyirikan.
Barangkali tidak kita sadari bahwasanya kemaksiatan yang terus bermunculan dapat menjadi sebab mengapa negeri kita ini ditimpa berbagai bencana yang tak kunjung berhenti. Sebagai contohnya adalah kemakmuran rakyat yang terusik dan kebobrokan moral yang merajalela. Berikut ini ulasan singkat tentang bahaya dan pengaruh kemaksiatan terhadap diri seorang muslim.

MAKSIAT PENYEBAB TERJADINYA KERUSAKAN DI BUMI

Tidaklah suatu musibah itu menimpa suatu kaum kecuali itu semua disebabkan oleh perbuatan-perbuatan mereka sendiri. Allah تعالى berfirman :

ظهر الفساد في البر و البحر بما كسبت أيدي الناس ليذيقهم بعض الذي عملوا لعلّهم يرجعون

" Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari ( akibat ) perbuatan mereka, agar mereka kembali ( ke jalan yang benar )." ( QS. Ar-Ruum:41 )

Marilah kita amati bencana-bencana yang telah melanda negeri kita. Banjir, Gempa bumi, Tanah longsor, Gunung meletus, dan masih banyak lagi bencana yang tidak kunjung berhenti. Mungkin ini adalah peringatan dari Allah تعالى kepada kita semua agar kita bertaubat kepada-Nya dan kembali kepada Al-Qur'an dan sunnah Rasul-Nya. Maka jadikanlah ini semua sebagai pelajaran, wahai orang-orang yang beriman!

MAKSIAT MEMBUTAKAN HATI

Hati adalah tolok ukur keimanan dan kebaikan seorang muslim. Apabila hati tersebut baik, maka seluruh anggota badan juga akan baik. Begitu pula sebaliknya, apabila hati seseorang jelek maka seluruh anggota badannya juga akan jelek.

Oleh karena itu, sudah seharusnya bagi setiap muslim untuk selalu menjaga hatinya dan tidak mengotorinya dengan melakukan dosa, karena dosa bagaikan racun bagi hati. Sesungguhnya seorang hamba apabila bermaksiat kepada Allah maka hatinya akan diberikan satu titik hitam. Dan apabila dia terus-menerus berbuat dosa maka hatinya akan penuh dengan noda hitam sehingga hatinya pun menjadi mati. Dan apabila hati telah mati maka hati tersebut akan terkunci dari kebenaran dan taufik-Nya sehingga seseorang akan terjerumus dalam kebinasaan tanpa dia sadari.

MAKSIAT MENGHILANGKAN BERKAH KEHIDUPAN

Sesunnguhnya maksiat dapat menyebabkan hilangnya barokah dari harta dan umur seseorang. Dan dengan maksiat menyebabkan diangkatnya barokah dari muka bumi. Allah تعالى berfirman yang artinya:

"  Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, Pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan ( ayat-ayat kami ) itu, Maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya." ( QS. Al-A'raaf:96 )

MAKSIAT MENYEBABKAN SESEORANG LUPA KEPADA ALLAH

Sesungguhnya maksiat dapat menyebabkan seorang muslim melupakan Rabbnya dan meninggalkan-Nya.

Dan apabila dia telah meninggalkan Rabbnya, maka syaithon pun akan menguasai jiwanya. Allah تعالى berfirman :

يٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ أٰمَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللّٰهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَٱتَّقُوا۟ ٱللّٰهَ ۚ إِنَّ ٱللّٰهَ خَبِيرٌۢ بِمَا تَعْمَلُونَ ( ١٨)   وَلَا تَكُونُوا۟ كَٱلَّذِينَ نَسُوا۟ ٱللّٰهَ فَأَنسَىٰهُمْ أَنفُسَهُمْ ۚ أُو۟لٰٓئِكَ هُمُ ٱلْفٰسِقُونَ(١٩)٩ 

" Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yng telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan."

" Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, sehingga Allah menjadikan mereka lupa akan diri sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik." (QS. Al-Hasyr: 18-19

Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan kita untuk tidak meniru perbuatan orang-orang yang telah melupakan-Nya. Lalu siapakah mereka itu? Mereka adalah orang-orang yang tidak bertaqwa kepada-Nya dan tenggelam dalam kemaksiatan kepada-Nya. Mereka melupakan Allah sehingga Allah membuat mereka lupa terhadap diri mereka sendiri.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan