#Sepak Terjang Firman, Bill Gates, Steve Jobs dan. Zuckeberberg Remaja

Sepak Terjang Bill Gates, Steve Jobs & Zuckerberg Remaja
Fino Yurio Kristo - detikInet

Bill Gates yang Super Kaya
Jakarta - Apa yang dilakukan para legenda dunia teknologi seperti Bill Gates, Steve Jobs atau Mark  Zuckerberg di masa mudanya? Rasanya menarik mengetahui apa yang mereka jalani dan apa pengaruhnya bagi kesuksesannya.

Dan memang, mereka tidak menghabiskan masa mudanya untuk bersenang-senang, walau memang terkadang nakal. Mereka kerja keras, ambisius dan punya impian besar. Lihat saja video Zuckerberg dalam berita sebelumnya, ia serius mengembangkan Facebook.

Seperti apa kisah para konglomerat teknologi yang kini menjulang namanya saat masih berusia 20-an tahun? Simak cerita singkatnya berikut ini yang disarikan detikINET dari berbagai sumber.

Steve Jobs

Masa muda Steve Jobs dipenuhi dengan banyak pengalaman unik. Jobs masuk sekolah menengah Cupertino Junior High dan Homestead High School di Cupertino, California.

Di Homested, dia berkenalan dengan tetangganya, Bill Fernandez yang sama-sama tertarik mengutak-atik perangkat elektronik. Fernandez pula yang memperkenalkannya pada Steve Wozniak, pria yang akhirnya mendirikan Apple bersama Jobs.

Lulus SMA di 1972, Jobs masuk Reed College di Portland. Namun karena mahalnya biaya, Jobs memutuskan drop out hanya dalam waktu 6 bulan. Dia kemudian menghabiskan waktu belajar kaligrafi.

Tahun 1974, Jobs bekerja menjadi teknisi di perusahaan game Atari, Inc. Pendiri Atari, Nolah Bushnell menilai Jobs orang yang sulit ditangani dan terkenal hobi tidak mau mandi. Namun terkadang ia punya ide cemerlang.

Pertengahan tahun 1974, Jobs berpetualang ke India bersama Daniel Kottke, teman kuliahnya, untuk mencari pencerahan spiritual. Berada di sana selama 7 bulan, ia kemudian kembali ke AS.

Dan pada tahun 1976, Jobs mendirikan Apple bersama Steve Wozniak di garasi rumahnya. Bermula dari awal yang sederhana, kini Apple termasuk perusahaan paling bernilai di dunia.

Bill Gates

Pada usia 20-an tahun, Gates memutuskan drop out dari Harvard University. Dia ingin membangun kerajaan bisnis software bersama sobatnya, Paul Allen.

"Saya kira drop out kuliah bukan ide yang bagus. Saya senang bisa menempuh kuliah meski hanya dua setengah tahun. Saya melengkapi beberapa kuliah dengan kursus online," kata Gates dalam sebuah pidato di Universitas Chicago.

Kala umurnya baru menginjak 22 tahun, Gates pernah ditangkap polisi karena ngebut melebihi batas kecepatan di Albuquerque, New Mexico pada bulan December 1977. Ia memang belum punya SIM kala itu.

Pilihan Bill Gates untuk drop out memang tepat baginya. Ia bisa fokus mengembangkan Microsoft yang kemudian berjaya sebagai produsen software komputer terbesar di dunia.

Sistem operasi Windows sampai sekarang masih sangat dominan dipakai di mayoritas komputer. Dan belum ada pesaing yang cukup berarti. Bill pun kerap dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Harta kekayaannya diestimasi USD 79,3 miliar.

"Saya mengambil langkah raksasa dan segera. Jika Anda berada di tempat dan waktu yang tepat dan memiliki visi ke mana teknologi baru akan menuju namun Anda tidak beraksi, Anda tidak akan pernah bisa sukses," tegas Gates mengenai resep suksesnya.

Larry Page & Sergey Brin

Larry Page dan Sergey Brin adalah pendiri Google yang sekarang berstatus mesin cari online terpopuler di dunia. Pada usia 20-an tahun, mereka sama-sama masih berstatus mahasiswa Phd di Stanford University.

Stanford University sendiri adalah salah satu universitas paling bergengsi di Amerika Serikat. Ujian masuk ke sini sangat susah, menandakan keduanya adalah pemuda berotak encer.

Di Stanford pula cikal bakal Google diotaki Brin dan Page. Domain Google mereka daftarkan pada tanggal 15 September 1997.

Perusahaan Google tercatat berdiri pada 4 September 1998. Google dioperasikan pertama kali dari garasi rumah Susan Wojcicki yang berlokasi di Menlo Park, California. Pada bulan September 1998, Susan menyewakan garasinya pada Sergey Brin dan Lar

www.msfirmansyah.blogspot.com
www.baitulquran-magetan.com

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan