Reward dan Donasi

Alternatif Reward Donasi

Mau daftar proyek tapi masih bingung mau kasih pilihan reward apa buat para pendukung kalian? Berikut kami berikan tips sukses spesial untuk kamu.

Reward Paling Efektif!

Berdasarkan hasil riset kami, rahasia sukses banyak proyek crowdfunding adalah ketika pemilik proyek tidak hanya "meminta-minta" untuk diberi dukungan dana, tetapi juga mengajak publik untuk ikut membeli langsung produk-produk yang dihasilkan dengan sistem pre-order & early-bird (pembelian awal).

Jadi, pendukung yang mendanai proyekmu akan mendapatkan hadiah berupa produk/karya yang sedang kamu buat. Tentu hadiah ini tidak langsung didapatkan setelah ia memberi dukungan, namun menunggu setelah proyek tersebut sukses terdanai dan mulai produksi. Dengan ini, pendukung akan benar-benar merasakan dampak langsung dari dukunan yang telah dia berikan. 

Dari sisi pemilik proyek, sistem ini sangat menguntungkan karena di samping menggalang dana pemilik proyek juga melakukan market validation karena publik akan memberi feedback positif berupa dana apabila produk kamu memang menarik. Bukan mustahil setelah itu akan ada repeat purchase atau pembelian kembali jika produknya memang memuaskan.

Alternatif Reward Lainnya

Namun, selain bentuk di atas, masih banyak alternatif macam-macam reward yang bisa diberikan kepada para donatur, khususnya untuk proyek sosial yang tidak menghasilkan produk riil.

Tim kitabisa.co.id juga telah melakukan survei beberapa alternatif pilihan reward dari proyek-proyek yang ada di website crowdfunding internasional. Berikut kami berikan alternatifnya.

Dukungan Kecil
1. Ucapan terima kasih dari pemilik proyek di media sosial.

2. Virtual hug dari pemilik proyek.

3. Merchandise/Souvenir (pin, gantungan kunci, dll.)

Dukungan Menengah
1. Nama donatur akan dikumpulkan dan dibingkai menjadi satu hiasan dinding yang menarik sehingga bisa dipajang oleh target proyek (orang/lembaga yang dibantu oleh proyek sosial).

2. T-shirt

3. Merchandise/Souvenir

4. Badge "I Donated" yang dikirim oleh pemilik proyek untuk digunakan di media sosial para donatur.

5. Email pribadi berupa ucapan terima kasih dari pemilik proyek + nama donatur akan muncul di website pemilik proyek.

Dukungan Besar
1. Nama donatur akan dicantumkan di plakat sehingga bisa dipajang oleh target proyek (orang/lembaga yang dibantu oleh proyek sosial).

2. Ucapan terima kasih langsung oleh pemilik proyek kepada para donatur + tas belanja cantik.

3. Undangan menghadiri launching proyek 

4. Bingkisan menarik

Dukungan Sangat Besar
1. Video ucapan terima kasih dari pemilik proyek yang bisa dipajang di FB atau Twitter para donatur + 8x10 autograf yang berisi ucapan terima kasih dari pemilik proyek.

2. Kartu pos berisi ucapan terima kasih dari target proyek (orang/lembaga yang dibantu oleh proyek sosial) + T-shirt + sebuah buku dari pemilik proyek yang berisi personal note dari pemilik proyek kepada para donatur + pemilik proyek langsung menelpon para donatur + undangan kunjungan langsung ke tempat proyek sosial.

3. Ucapan terima kasih dari pemilik proyek yang dimunculkan di video dokumenter + surat berisi ucapan terima kasih secara personal dari pemilik proyek ke kamu + bingkai berisi ucapan apresiasi.

4. Undangan menghadiri launching proyek dan makan malam bersama.

5. Merchandise/Souvenir spesial.

6.Makan malam bersama artis yang menjadi pendukung proyek sosial tersebut

7.Anggota tim akan melakukan ide-ide unik seperti "berenang di kolam bundaran HI" atau " mencukur rambut sampai botak",dll. Ide-ide unik ini biasanya menimbulkan efek viral yang membuat orang lain tertarik untuk mendukung.

Nah! Itulah beberapa alternatif pilihan reward dari donasi kecil sampai donasi dengan jumlah besar. Kamu bisa mencontoh, mengaplikasikannya di kampanye proyek kamu, atau bahkan kamu bisa menggabungkan dan mengkombinasikan beberapa pilihan reward di atas. Biasanya, semakin besar jumlah donasi yang diberikan, para donatur juga akan mendapat banyak reward.

Semoga dengan alternatif pilihan reward di atas, donatur akan lebih tertarik untuk berpartisipasi dalam proyek yang sedang kamu kampanyekan. Good luck!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan