Teknik CopyWriting

Seringkali ketika kita menulis status update yang panjang pada Fanpage Facebook, kita harus menerapkan cara copywriting yang bagus agar status tersebut dibaca hingga habis, menimbulkan efek luar biasa dan user melakukan action yg kita harapkan (dalam hal ini interaksi sehingga Edgerank Akan Naik) .

Secara sederhana Copywriting adalah ilmu untuk menulis copy (misalnya seperti; artikel, video, poster, iklan, dll bahkan tweet maupun facebook status) untuk mencapai tujuan (misalnya seperti; interaksi, sales/penjualan, branding, membentuk opini publik, hingga brain wash ). Berikut di bawah ini adalah beberapa Garis besar tentang Teknik Copywriting.





1. Words Matter


Pertama-tama kita akan memberikan contoh penggunaan kata kata yang berbeda dengan maksud yang sama dapat memberikan efek yang berbeda. Pada contoh case ini kita ambil 2 buah amplop yang sama. Kita tulis pada amplop tersebut: untuk Ibu Kita.

Hai Bunda, apa kabar? Semoga Bunda di sini dalam keadaan sehat walafiat dan Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan karuniaNya untukmu. Aku di sana Alhamdulillah juga sehat. Ini semua berkat doamu Bunda. Terima kasih banyak, ya.
Bunda… Tahukah engkau kalau aku sangat merindukanmu? Aku ingin melihat wajahmu, memelukmu, dan merasakan belaian lembut tanganmu. Tapi apa hendak dikata, engkau di sana dan aku di sini....
Bunda.. maafkan aku yang belum bisa pulang ke kampung halaman tahun ini. Mohon doa bunda agar aku bisa pulang tahun depan.

Love,
Badu.


Bandingkan dengan ini,

Hai bunda, apa kabar? Semoga bunda sehat selalu. Bunda ga usah khawatir sama aku karena aku disini juga baik baik aja.
Maaf bunda aku ga bisa pulang tahun ini karena aku sibuk banget. Kerjaan kantorku banyak banget, ngajuin cuti aja susahnya minta ampun. Moga moga aku bisa pulang tahun depan.

Love,
Badu

Kemudian lipat surat itu dan masukkan ke amplop yang persis sama. Ketika bunda membaca surat tersebut jelas akan berbeda sekali efeknya. Amplop dan kertas adalah analogi untuk kemasan dari kata kata. Kemasan itu dapat berupa halaman web, video, dan lain lain. Sebagus apapun bentuk dan desainnya, kata kata dalam halaman tetap memberikan pengaruh yang besar.

2. Basic Psycology


Hal yang biasa kita lakukan ketika kita sedang melakukan pendekatan personal kepada orang lain adalah kita mulai membicarakan tentang diri kita. Pernahkah kita mempunyai teman yang sering sering sekali hanya berbicara tentang diri mereka, tentang kegiatan mereka, tentang kepentingan mereka, atau keluarga mereka? Jika Anda tidak tahu tentang orang dengan tipe semacam ini, bisa jadi Anda sendiri lah orangnya. 

Kita tidak tertarik dengan urusan orang lain. Urusan diri kita lebih kita utamakan daripada urusan orang lain. Contohnya adalah ketika anda mulai membaca artikel ini. Anda tidak peduli jika kami mengetik artikel ini panjang dan lelah. Berkali kali edit dan repot.  Hal yang Anda pedulikan adalah Anda ingin tahu apa dan bagaimana copywriting itu, dan apa yang akan Anda dapat dengan membaca artikel ini. Karena itu Anda memulai membaca artikel ini. Betul bukan?

Mungkin analoginya kurang pas tapi kira kira garis besarnya seperti itu. Jadi peraturan nya adalah:

"No one cares about you. People care about themselves."
 
Orang lebih memikirkan diri nya sendiri daripada orang lain. Ini psikologis dasar setiap manusia.

Money, health, and love.
 
Ketika muda kita berpikir, bagaimana kita kaya, bagaimana penampilan kita, bagaimana kita bisa mendapatkan pasangan yang ideal. Ketika tua kita berpikir, bagamana kita tidak kehilangan uang kita dan tetap kaya, bagaimana kita tetap sehat dan panjang umur, dan bagaimana kita tetap bersama orang orang yang kita sayangi.

Apakah kita berpikir tentang uang, kesehatan dan keluarga orang lain? Tidak.

Kami katakan sekali lagi biar benar benar ingat.

"No one cares about you. People care about themselves."
 
Kami akan berikan contoh menggunakan psikologis dasar ini untuk merangkai kata kata di halaman. Misal bisnis kita adalah Apps Developer, dan customer kita adalah perusahaan ecommerce.

Contoh 1,

"Kami adalah perusahaan A. Kami telah berdiri sejak tahun 2005. Kami sangat expert dalam merancang dan mengembangkan aplikasi mobile untuk segala jenis device. Kami dapat membuat aplikasi untuk iOS, android dan windows mobile dengan sangat professional. Kami memiliki tim yang sangat solid yang terdiri dari orang orang yang ahli di bidangnya. Segera hubungi kami."

Krik.

Apakah kita care dengan mereka? Tidak. Kita tertarik untuk membuat aplikasi mobile tidak? Tidak, Karena mereka membicarakan tentang diri mereka sendiri, bukan membicarakan tentang orang yang membaca halaman tersebut.

"No one cares about you. People care about themselves."

bandingkan contoh berikut nya,

Contoh 2,

"Tahukan Anda bahwa lebih dari sepuluh juta applikasi mobile di download setiap harinya, dan bisnis Anda belum memiliki satupun? Tidak memiliki aplikasi mobile berarti bisnis anda kehilangan potensi penjualan yang besar. Riset membuktikan bahwa aplikasi mobile dapat meningkatkan penjualan sebesar 1%. Bila rata rata penjualan dari website adalah 1% dari jumlah pengunjung anda, dengan meningkatkan 1% berarti keuntungan anda naik 2 kali lipat. Kami dapat membantu anda untuk membuat aplikasi mobile bisnis anda dengan sangat profesional. Hal yang perlu anda lakukan adalah, duduk manis, ambil camilan, dan terima beres. Kami memiliki tim yang expert, solid dan ahli di bidangnya. Kami telah dipercaya oleh perusahaan besar seperti bla, bla, bla. Anda dapat menghubungi kami dengan mengisi form kontak di bawah ini, dan kami akan segera membalas email anda kurang dari 24 jam."

Itu contoh bagaimana kita membicara kan tentang pembaca dari pada kita membicarakan tentang diri sendiri. Dengan seperti itu apakah kita jadi tertarik untuk memiliki aplikasi mobile? Ya.

3. Copywriting formula: AIDA.


AIDA adalah formula penting yang harus di ingat.

A = ATTENTION (perhatian)

Pada permulaan sebuah sales letter, tugas kita adalah mendapatkan perhatian pembaca. Sebelum mereka membaca tulisan kita dari kita, kita harus mendapatkan perhatian dari mereka untuk memulai membaca.

Pada contoh diatas, bagian grab attention adalah:
"Tahukan Anda bahwa lebih dari sepuluh juta applikasi mobile di download setiap harinya, dan bisnis Anda belum memiliki satupun?"




I = INTEREST (ketertarikan)

Setelah kita mendapat perhatian dari meraka, hal yang harus kita dapatkan dari mereka adalah ketertarikan pembaca. Pada bagian grab interest, kita berikan sesuatu yang membuat meraka mengatakan "WOW ini keren". Atau sebuah rasa penasaran untuk terus membaca.

Pada contoh diatas, bagian grab interest adalah:

"Tidak memiliki aplikasi mobile berarti bisnis anda kehilangan potensi penjualan yang besar. Riset membuktikan bahwa aplikasi mobile dapat meningkatkan penjualan sebesar 1%."

Apabila kita gagal mendapatkankan interest mereka, meraka akan lompat ke halaman lain, tutup browser, dan lain sebagainya.

D = DESIRE (kebutuhan)

Pada bagian ini, buat pembaca merasa butuh atau ingin memiliki sesuatu yang kita tawarkan. Pada bagian memakai desire,

"Bila rata rata penjualan dari website adalah 1% dari jumlah pengunjung anda, dengan meningkatkan 1% berarti keuntungan anda naik 2 kali lipat."

Tawarkan produk dan jelaskan kelebihan/keuntungan dari produk kita, dengan tetap berbicara dari kacamata pembaca:

"kami dapat membantu anda untuk membuat aplikasi mobile bisnis anda dengan sangat profesional. Hal yang perlu anda lakukan adalah, duduk manis, ambil camilan, dan terima beres"

Pada tahap memakai desire, penting untuk menambahkan establish credibility agar calon customer bertambah yakin bahwa mereka berhadapan dengan orang/produk yang tepat, dan mempercayai untuk membelinya. Dengan begitu probabilitas sukses makin tinggi.

"Kami memiliki tim yang expert, solid dan ahli di bidangnya. Kami telah dipercaya oleh perusahaan besar seperti bla, bla, bla."





A = ACTION

Bagian ini sepertinya sudah jelas, tidak perlu penjelasan lebih detail. Semakin detail kita mengarahkan step by step action yang harus di ambil semakin bagus.

Oke cukup sekian pengantar copywritingnya, sekarang kami akan memberikan contoh penggunaan teknik copywriting untuk menulis sebuah status Fanpage Facebook yang panjang mulai dari grab attention dan berakhir dengan action yang kita minta.

ini posting dari salah satu Fans Page Client Kami:

https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=322908401159833&id=272974549486552

Klik dan baca status itu dulu, sebelum membaca penjelasan berikutnya.


Bagian grab attention

"... 8 KEBOHONGAN YANG DILAKUKAN IBUKU ...."

Bagian grab interest

"Sobat apakah tidak ingin tahu dengan dusta-dusta yang dilakukan ibu kita kepada kita? jangan lewatkan 1 katapun dibawah ini"

Bagian desire 

(basic human desire itu yang kira-kira ketika pembaca sedang asik membaca konten, tiba-tiba terdapat alur yang membuat kembang kempis dadanya ) membuat kembali ingin tahu kelanjutannya. Hal ini memang membutuhkan Ide cerdas dari kita masing-masing.

"Tetapi ibu dengan cepat menolaknya, ia berkata : “Makanlah nak, aku tidak suka makan ikan” padahal ibu suka makan ikan!!! Itu kebohongan yang pertama ! :)"
-------
"Setelah mengucapkan kebohongannya yang kedelapan, ibu tercinta menutup matanya untuk yang terakhir kalinya."



Bagian action

Semoga kita bisa mengambil manfaat dari status ini. Amin.. ;).
Jika sobat sayang Ibu like Kasih Sayang Seorang IBU ya..., kita rindu ibu :'( "

Semoga bermanfaat


----------- 
Disadur dari Note seorang  Facebook Marketer, Yudhis Adi N dengan beberapa perubahan.
http://www.fanspage-id.com/2013/01/CaraCopyWritingBagusMenarikBelajarCopyWriting.html#sthash.TDhjw37b.dpuf

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan